H. Sirmadji, Sosialisasikan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

img-20160904-wa0000Trenggalek – Pentingnya pemahaman empat pilar bagi masyarakat dan generasi bangsa yang saai ini mulai luntur, H. Sirmadji anggota DPR RI dari Dapil VII Jatim sosialisasikan empat pilar kebangsaan tersebut kepada ratusan Guru yang tergabung dalam MGMP PKN se-Kabupaten Trenggalek, Minggu (4/9). Sosialisasi yang bertempat di balai pertemuan SMKN 1 Trenggalek ini dihadiri kurang lebih 117 guru PKN di kota tempe keripik ini.

Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi ini, H. Sirmadji anggota DPR RI dan Drs Kusprigianto, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek. Selain para guru PKN, nampak hadir dalam acara ini Ketua DPC PDIP Trenggalek Doding Rahmadi, ST, dan Sekdindik Drs Sunyoto, MM.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat sangatlah penting bagi masyarakat maupun generasi penerus bangsa. Pasalnya masrakat kita saat ini mudah digoyahkan dengan permasalahan suku, ras, agama maupun permasalahan lainnya. Padahal perbedaan itu dulunya merupakan pemersatu bangsa (Bhineka Tunggal Ika). Sehingga saat ini sangat diperlukan kembali diberikannya pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan mulai dari makna Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada masyarakat.

Dalam kesempatan sosialisasi ini H. Sirmadji banyak menegaskan empat pilar kebangsaan sebagai hal sangat mendasar dan esensial kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat pilar itu tidak digeneralisir memiliki kesamaan kedudukan, tetapi eksplisit sesuai dengan kedudukannya masing-masing. Misalnya, Pancasila sebagai dasar/ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi, NKRI sebagai bentuk negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu bangsa. Empat pilar kebangsaan ini diurakan satu persatu kepada guru-guru PKN yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Dikonfirmasi usai kegiatan H. Sirmadji menyampaikan. “jadi dalam sosialisasi empat pilar ini kami mengambil segment atau sasaran utama para guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan. Karena beliau-beliaulah yang justru mengawal proses pendidikan yang didalamnya ada unsur Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika ini”, ungkap anggota DPR RI dari PDI Perjuangan ini melalui sekolah-sekolah.

Sirmadji menambahkan, “harapan kita dengan membangkitkan semangat, mencerahkan dan memberikan masukan terhadap hal-hal baru yang berkaitan dengan empat pilar tersebut akan membuat mereka lebih semangat dalam menjalankan aktivitasnya, lebih perfomence dan sukses. Selain itu juga kegiatan ini juga berfungsi untuk menjaring saran dan masukan para guru-guru ini, karena mereka lekat dengan lapangan”, pukas politisi senior PDI Perjuangan ini.

Sumber : menaksopal.id

About Redaksi Infokom PDI Perjuangan Trenggalek