Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd Sosialisasikan Empat Pilar Kepada Kelompok Kerja Madrasah Kecamatan Munjungan

20161105_154818 Trenggalek – Kang Sir (sapaan akrap Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd) menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama Guru Madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah se Kecamatan Munjungan – Trenggalek (30/10/2016). Kegiatan sosiali yang bertempat di aula kantor KUA Kecamatan munjungan tersebut diikuti kurang lebih 130 peserta yang terdiri dari perwakilan guru madrasah yang ada di Kecamatan Munjungan – Trenggalek.

Selain Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd sebagai narasumber utama, ada juga Gus Latip (Kepala MTsN Munjungan) selaku narasumber yang menyampaikan materi sosialisasi empat pilar pada kesempatan pertama. Menurut Gus Latip empat pilar adalah fondasi yang sangat penting untuk tegaknya bangsa dan Negara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Untuk mempermudah pemahaman peserta terhadap pentingnya empat pilar, Gus Latip mengutip Sabda Rasulullah SAW, untuk tegaknya sebuah bangsa dan Negara harus ada empat pilar yang tidak boleh dilewatkan, yaitu “pertama bi’ilmil ulama (dengan ilmu ulama), kedua bi-adillatil umaro (dengan keadilan para pemimpin/pejabat/pemerintah/penguasa), ketiga bisaqoowatil aghniyaa (peran para aghniya/orang-orang kaya), keempat bidu’aail fuqoroo-i wal masaakiin (doanya orang-orang lemah)”.

“Gus Latip menegaskan inilah empat pilar menurut ajaran Rasulullah SAW, apabila sebuah Negara menerapkan ajaran tersebut bisa dipastikan Negara tersebut akan menjadi Negara besar dan hebat. Akan tetapi apabila salah satu dari empat pilar tersebut dilupakan bisa dipastikan Negara tersebut akan hancur” pungkasnya.

Dikesempatan kedua Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd menjelaskan bah20161105_141650wa apa yang disampaikan oleh Gus Laptip sudah sesuai dan sudah tuntas. Yang artinya ada empat pilar menurut ajaran Rasulullah, akan tetapi untuk sampai kepada ajaran tersebut perlu disampaikan empat pilar versi MPR yang meliputi Pancasila sebagai dasar Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara dan Bhinega Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd menjelaskan ada beberapa alasan kenapa MPR mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat, yang pertama yaitu amanat Proklamasi, alasan yang kedua adalah adanya tantangan-tantangan eksternal, alasan yang ketiga adalah hegemoni budaya asing. Itulah alas an kenapa MPR melakukan sosislisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Dalam kesempatan ini tidak lupa Drs. Sirmadji, TJ.M.Pd juga berpesan kepada seluruh guru madrasah yang hadir dalam sosialisasi empat pilar tersebut supaya bisa menjadi suritauladan didalam mewujudkan ajaran-ajaran Pancasila, selain itu guru harus bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler untuk diisi dengan kegiatan yang membangkitkan spirit semangat juang cinta tanah air dan seorang guru bisa menjadi tempat bertanya baik dilingkungan sekolah maupun didalam kehidupan bermasyarakat, pungkas politisi senior PDI Perjuangan.(MLR)

About Redaksi Infokom PDI Perjuangan Trenggalek