Drs. Sirmadji. TJ. M.Pd Gelar Sosialisasikan Empat Pilar Dengan Media Wayang Kulit

20161106_212234Trenggalek – Drs. Sirmadji, TJ. M.Pd, anggota DPR / MPR RI Fraksi PDI Perjuangan menggelar sosialisasi empat pilar dengan media wayang kulit. Kegiatan yang dilaksanakan di Kec. Panggul Kab. Trenggalek bertempat dirumah Sdr. Pranoto (anggota Fraksi PDI Perjuangan) tersebut dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari jajaran pengurus PDI Perjuangan dari semua tinggkatan dan juga tokoh masyarakat Kec. Panggul.

Nampak hadir dalam acara tersebu, ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek Doding Rahmadi, ST, ketua Fraksi PDI Perjuangan Trenggalek Wahyudianto dan anggota Fraksi Siti Ngawati. Dalam kesempatan tersebut ikut hadir juga Kepala Desa Depok, Kepala Desa Kertosono, Camat dan Kapolsek Panggul.

Pagelaran wayang kulit dalam rangka sosialisasi empat pilar tersebut  mengambil lakon Gatotkoco Winisudo yang dimainkan oleh tiga dalang lokal secara bergantian. Menurut Drs. Sirmadji dalam sambutanya menegaskan bahwa intisari dari Pancasila adalah gotong royong. Drs. Sirmadji menambahkan bahwa pagelaran wayang kulit tersebut adalah contoh implimentasi gotong royong yang kongkrit dan nyata.

20161106_210718Drs. Sirmadji juga menyampaikan bahwa dengan penggunaan metode wayang, diharapkan pesan-pesan yang ada dalam Empat Pilar bisa disampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat karena penggunaan bahasa yang sangat dipahami masyarakat. wayang kulit telah menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia dan MPR sudah melaksanakan berbagai macam pagelaran seni budaya sesuai dengan budaya daerah masing-masing di hampir seluruh daerah sebagai metode sosialisasi.

“Setiap bangsa punya sejarah dan cara sendiri dalam membangun bangsa dan negara. Dan Bung Karno dengan Tri Sakti-nya mengajarkan kita untuk berdaulat dalam politik, mandiri dibidang ekonomi dan membangun kebudayaan berkepribadian Indonesia”. Selain sebagai tontonan, wayang bisa juga dijadikan tuntunan, karena melaui pertunjukan wayang, kita dapat melihat gambaran kehidupan manusia di alam semesta, pungkasnya.

About Redaksi Infokom PDI Perjuangan Trenggalek