Berikan Kontribusi Bagi Perempuan, Fatma Saifullah Yusuf Puji Salimah Jatim

IMG-20180319-WA0202

Tokoh perempuan Jatim Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf secara khusus memberikan pujian terhadap Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslimah (PW) Muslimat Jatim. Sebab organisasi yang baru berdiri 18 tahun ini telah sukses memberikan kontribusinya terhadap permasalahan perempuan, anak dan keluarga.

“Salimah telah melewati 18 tahun dengan baik serta menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan. Dalam kurun waktu 18 tahun itu, saya menilai keberadaan Salimah telah berkontribusi mencari jalan keluar bagi problematika perempuan, anak dan keluarga,” ujar Fatma, saat menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Pengurus Salimah di Surabaya, Senin (19/3).

Istri Calon Gubernur Jatim nomor urut 2 Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini menilai, potret organisasi Salimah Jatim telah berada dalam tatanan yang baik. Sebab telah mampu mengimplementasikan misi dengan berbagai kegiatan untuk meraih tujuan yang dicita-citakan.

Meski begitu, lanjutnya, Fatma tetap mengingatkan di tengah era globalisasi yang berubah dengan intensitas yang begitu cepat, seiring derasnya arus informasi dan komunikasi, tentu Salimah wajib berbenah diri secara berkesinambungan untuk mampu menjawab kondisi seperti sekarang ini.

“Salimah Jatim telah mampu mempertahankan eksistensinya. Ke depan harus ditumbuhkan berbagai gerakan bersama yang luas, dengan menggalang kepedulian yang merupakan strategi yang tepat untuk mengajak masyarakat, utamanya perempuan untuk bergabung dalam satu wadah yang sama,” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri Ketua Umum PW Persaudaraan Muslimah Jatim Dr Anna Susanti ini, Fatma memberikan masukan, agar Salimah tidak berjalan sendiri. Tapi perlu dibentuk jaringan kerja dengan sesama organisasi wanita, organisasi pemerintah serta organisasi non pemerintah yang memiliki keberpihakan pada perempuan, anak dan keluarga.

“Selain itu, Salimah juga perlu mengoptimalkan kemitraan baik dalam kerjasama, koordinasi, konsultasi maupun sinkronisasi program dalam berbagai bidang. Agar cita-cita mewujudkan tujuan organisasi dapat terwujud dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Fatma mengatakan, eksistensi Persaudaraan Muslimah Pusat yang berdiri sejak 8 Maret 2000, dan dideklarasikan di Jatim pada 13 Mei 2005, Salimah telah membuat program-program yang membanggakan. Saat ini, keberdaan Salimah di Indonesia telah berdiri di 33 provinsi, 358 kabupaten/kota dan 1.183 kecamatan termasuk di 38 pengurus daerah di Jatim.

“Banyaknya pengurus di daerah ini menggambarkan keseriusan Salimah dalam meluaskan sayap organisasi untuk melaksanakan program-program pemberdayaan perempuan, pengokohan institusi keluarga serta perlindungan memadai bagi anak,” pungkasnya. (*)

About Redaksi Infokom PDI Perjuangan Trenggalek