Dasa Prasetiya

DASA PRASETIYA

  1. Menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945, serta menjaga kebhinekaan bangsa.
  2. Memperkokoh budaya gotong royong dalam memecahkan masalah bersama
  3. Memperkuat ekonomi Rakyat melalui penataan system produksi, reform agrarian, pemberian proteksi, perluasan akses pasar dan permodalan.
  4. Menyediakan pangan dan perumahan yang sehat dan layak bagi Rakyat
  5. Membebaskan biaya berobat dan biaya pendidikan bagi Rakyat
  6. Memberikan pelayanan umum secara pasti, cepat dan murah
  7. Melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta menerapkan aturan tata ruang secara konsisten
  8. Mereformasi birokrasi pemerintahan dalam membangun tata pemerintahan yang baik, bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme
  9. Menegakkan prinsip-prinsip demokrasi partisipatoris dalam proses pengambilan keputusan.
  10. Menegakkan hokum dengan menjujung tinggi azas keadilan dan hal azasi manusia.

Berdasarkan penjabaran menganai Trias Dinamika Partai dan Dasa Prasetiya, dan dengan mengingat kemampuannya untuk menampung upaya-upaya mendinamisasi Partai secara progresif dan kontinyu, maka Kongres III PDI Perjuangan memandang perlu untuk menetapkan platform progam Partai, yaitu TRIAS DINAMIKA PARTAI, dan arah umum program Partai, yaitu DASA PRASETIYA, menjadi doktrin perjuangan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh komponen yang tercakup dalam Tiga Pilar Partai ( Eksekutif, Legislatif dan Struktural ) pada semua tingkatan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Forum Kongres III PDI Perjuangan berpandangan bahwa dengan ditetapkannya Doktrin Perjuangan Partai yaitu TRIAS DINAMIKA PARTAI dan DASA PRASETIYA, maka seluruh organ Partai akan dapat digerakkan secara dinamis dan dialektis dalam kesatuan gerak langkah kepartaian, untuk mempraktekkan ideologi Pancasila 1 Juni 1945 menjadi program kerja Partai yang secara riil menyentuh kehidupan Rakyat.

About the Author